jump to navigation

SYARAT MENJADI PERWIRA MELALUI AKADEMI ANGKATAN UDARA PENERIMAAN KARBOL AKADEMI UDARA TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN UDARA MEMBUKA KESEMPATAN KEPADA PEMUDA INDONESIA UNTUK MENJADI PERWIRA MELALUI AKADEMI ANGKATAN UDARA Januari 10, 2010

Posted by Sanjaya in Akademi Tentara Nasional Indonesia dan Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akademi TNI dan AKPOL), Militer.
trackback


A.    SYARAT-SYARAT

1.   Warga Negara Indonesia, Pria, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 serta bukan Prajurit TNI/Polri dan PNS.

2.   Umur pada saat masuk pendidikan tanggal 1 Agustus tidak kurang dari 18 tahun dan tidak Iebih dari 22 tahun.

3.   Berkelakuan baik, serta tidak kehilangan hak untuk menjadi Prajurit TNI berdasarkan putusan pengadilan yang telah diperoleh kekuatan hukum tetap yang dinyatakan dengan surat dari Kapolres se tempat.

4.   Berbadan sehat ( Jasmani dan Rohani).

5.   Tamatan SMU/MAN/SMK PNB.

a.   SMA/Madrasah Aliyah Program A-1 dan A-2 ( Fisika dan Biologi ) atau SMU dari Program IPA, serta SMK Penerbangan.
b.   Jurusan A-I dan A-2 (Fisika dan Biologi)/IPA dengan NEM yang disesuaikan dengan tahun lulusan. SMK Penerbangan dengan NEM 38.
c.   Disertai Nilai Kolektif dari Kanwil Depdiknas.

6. Belum pernah menikah dan sanggup tidak akan menikah selama dalam pendidikan Karbol dan Lanjutannya.

7.   Tinggi badan tidak kurang dan 165 cm.

8.  Sanggup melaksanakan Ikatan Dinas Pertama selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Perwira TNI AU dan bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Indonesia.

9.   Harus ada persetujuan dan Orang Tua/Wali bagi yang belum berusia 21 tahun.

10. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan disertai dengan : a. Surat persetujuan dari Kepala Jawatan yang bersangkutan. b. Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Karbol Akademi Angkatan Udara.

11. Harus mengikuti dan lulus ujian/pemeriksaan yang meliputi : • Postur dan Lahiriah. • Administrasi dan Screening POM. • Kesehatan umum calon Prajurit TNI dan kesehatan jiwa. • Kemampuan Jasmani ( Samapta “A”, “B”, Renang dan Postur/antropometrik). • Psikologi. • Penelitian Personel. • Akademis.

B.    Pendaftaran

1.   Untuk tanggal pendaftaran terbaru harap hubungi Lanud terdekat.
2.   Cara Pendaftaran, Calon datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan masing masing 2 (dua) lembar :

i.    Kartu Kewarganegaraan (bagi keturunan WNA).

ii. Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir atau foto copy yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang(Bupati/Wali Kota).

iii.   KTP calon dan foto copy K’I’P orang tua/wali yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.

C.     Pemanggilan

1.    Para pelamar yang dipanggil pada saat menghadap di Lanud se tempat harus membawa serta :

a.   Surat panggilan.
b.   Surat Lamaran yang ditulis tangan sendiri ditujukan kepada :
Kepala Staf TNI Angkatan Udara
U.P Kepala Dinas Administrasi Personel
Cilangkap,
Jakarta Timur.
c.   Daftar Riwayat Hidup yang ditulis tangan sendiri.
d.   Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir dari Bupati/Walikota.
e.   Surat Persetujuan/Ijin Orang Tua/Wali yang diketahui oleh Lurah/Kepala Desa se tempat. Pelamar yang persetujuannya diberikan oleh wali tetapi masih memiliki Orang Tua, harus disertai Surat Kuasa Penunjukan Wali oleh Orang Tua yang bersangkutan.
f.   Membawa semua ijasah asli dan foto copy mulai SD sampai sekolah menengah terakhir dan DANEM, khusus untuk foto copy ijasah pendidikan dan DANEM harus sudah dilegalisir oleh pejabat set empat yang berwenang (Kakanwil Depdiknas bagi sekolah Swasta dan Kepala Sekolah yang bersangkutan bagi Sekolah Negeri).

g.  Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kapolres se tempat yang berlaku selambat -lambatnya sampai dengan tanggal 1 Agustus tahun pendaftaran.

h. Surat Pernyataan belum pernah menikah dan kesanggupan tidak akan menikah selama dalam pendidikan pertama TNI dan Pendidikan Dasar golongan serta lanjutan yang diketahui oleh orang tua/Wali serta Lurah/Kepala Desa se tempat.
i.   Surat Pernyataan kesanggupan ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Indonesia yang diketahui oleh orang tua/Wali serta Lurah/Kepala Desa se tempat.
j.   Surat Persetujuan/Ijin dan Kepala Jawatan/Instansi yang dibubuhi cap Instansi, bagi mereka yang sudah bekerja.
k.   Kartu Keluarga (KK).
l.   Bagi yang masih duduk di kelas III SMU,agar melampirkan raport kelas I s.d III semester I serta membawa surat keterangan dari Kepala Sekolah bahwa calon adalah siswa kelas Ill yang terdaftar sebagai peserta Ebtanas.
m.   Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 16 lembar.

2.    Semua surat-surat tersebut di atas disiapkan masing-masing 5 ( lima ) lembar, 1 (satu) lembar asli dan 4 (empat) 1embar fotocopy/salinan.

3.   Tempat Pendaftaran pada Panda/Subpanda di Lanud :
• Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta, DKI Jaya. • Lanud Abdul Rahman Saleh di Malang, Jawa Timur. • Lanud Adi Sutjipto di D.I. Yogyakarta , dan SMU TN Jawa Tengah.• Lanud Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat. • Lanud Surabaya di Surabaya, Jawa Timur. • Lanud Adi Sumarmo di Surakarta, Jawa Tengah. • Lanud Medan di Medan, Sumatera Utara. • Lanud Pekan Baru di Pekan Baru, Riau. • Lanud Hasanuddin di Makasar, Sulawesi Selatan. • Lanud Wiriadinata di Tasikmalaya, Jawa Barat. • Lanud Iswahyudi di Madiun, Jawa Timur. • Lanud El Tari di Kupang, Nusa Tenggara Timur. • Lanud Jayapura di Jayapura, Irian Jaya. • Lanud Padang di Padang, Sumatera Barat. • Lanud Palembang di Palembang, Sumatera Barat. • Lanud Balikpapan di Balikpapan, Kalimantan Timur. • Lanud Supadio di Pontianak, Kalimantan Barat. • Lanud Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara. • Lanud Ngurah Rai di Denpasar, Bali • Lanud Rembiga di Lombok. • Lanud Manuhua di Biak dan Lanud Sultan Iskandar Muda di Aceh.

D.   Pendidikan Pertama. Calon yang dinyatakan lulus dan terpilih menjadi Karbol Akademi Angkatan Udara akan langsung mengikuti Pendidikan Dasar Keprajuritan di Akmil Magelang selama 1 tahun, selanjutnya mengikuti Pendidikan di AAU selama 3 tahun.

E.   Pengangkatan Pertama. Setelah lulus dari pendidikan pertama diangkat menjadi perwira dengan pangkat Letnan Dua dan diarahkan untuk Korps/jurusan :

1.   Penerbang/Navigator.
2.   Tehnik Pesawat Terbang.
3.   Elektronika.
4.   Pembekalan.
5.   Administrasi.
6.   Pasukan/Pom.
7.   Khusus.

F.    Lain-lain.

1. Selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pemeriksaan/pengujian, terhadap para calon Karbol Akademi Angkatan Udara tidak dipungut biaya apapun.
2.   Formulir pendaftaran dan lainnya disediakan di Panda se tempat.
3.   Tidak menerima calon yang melakukan perbaikan DANEM dengan cara sudah lulus dari satu sekolah kemudian pindah dan ikut ujian di sekolah lain.
4.   Keterangan lebih rinci dapat diperoleh di tempat pendaftaran dan/atau Lanud terdekat.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: